Senin, 23 Januari 2012

Membersihkan Kolom Saldo



Sebenarnya saya itu bingung memberi judul artikel ini. Maksud saya, saya ingin coba menuliskan penggunaan formula logical OR dan AND yang penggunaannya di aplikasikan kepada pengolahan pembukuan keuangan. Biasanya untuk melakukan perhitungan saldo di pembukuan kita, kita akan membuat rumus (saldo_sebelumnya+debet)-kredit lalu rumus ini akan di salin ke seluruh baris untuk menghitung saldo per transaksi. Hal itu sih ngga salah, cuman jika kita hanya mencantumkan rumus tersebut maka nilai saldot terakhir akan di tampilan sampai baris terbawah meskipun di baris yang bersangkutan tidak ada transaksi untuk beberapa orang, hal itu akan mengganggu pemandangan saja.
Memang agar rapi, sebaiknya jika tidak ada transaksi hasil saldo tidak perlu di tampilkan sehingga pembukuan kita terlihat bersih dan tidak membingungkan. Untuk melakukannya kita bisa menggabungkan rumus IF dan OR atau AND.
Logika-nya adalah jika kita mengisi transaksi debet atau kredit berarti salah satu dari dua kolom itu akan terisi data dan satunya kemungkinan kosong. Jadi kita buat saja pengkondisian bahwa jika salah satu dari kolom debet atau kredit tidak kosong (ada isi-nya) maka rumus perhitungan saldo dijalankan, tapi jika tidak maka nilai yang ditampilkan adalah 0 (atau nilai lainnya yang anda ingin tampilkan).
Seperti kita ketahui bahwa operator AND akan mengembalikan nilai FALSE jika salah satu kondisinya tidak terpenuhi dalam hal ini jika salah satu kolom kosong maka dia akan mengembalikan nilai FALSE. Untuk OR, kebalikan dari AND, jika kedua kolom terisi maka nilai yang dikembalikan adalah FALSE.
Maka jika kita ingin saldo di tampilkan jika salah satu debet atau kredit di isi, maka kita akan memakai rumus seperti ini =IF(AND(C21="";D21="");0;(E20+C21)-D21). Dimana C21 adalah cell untuk debet, D21 adalah cell untuk kredit dan E20 adalah saldo sebelumnya. Dengan rumus seperti diatas maka jika kita mengisi salah satu kolom debet atau kredit maka cell saldo akan menampilkan angka 0.
Jika kita mengharus kedua kolom debet dan kredit di isi, dan jika salah satu tidak terisi maka saldo tidak ditampilkan, rumus yang digunakan adalah sebagai berikut=IF(OR(C37="";D37="");0;(E36+C37)-D37). Dimana C37 adalah cell untuk debet, D37 adalah cell untuk kredit dan E36 adalah cell saldo sebelumnya. Jika kedua cell data tidak diisi maka cell saldo akan menampilkan nilai 0.
Untuk lebih jelasnya anda bisa mengunduh contoh file yang saya sertakan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar Anda menjadikan kita maju bersama. Terimakasih