Jumat, 20 Januari 2012

Setting Excel untuk VBA dan Macro



Salam Excel..!
Semoga masih bersemangat belajar Excel, khususnya VBA dan Macro. Dan kali ini, kita akan mengupas habis persiapan-persiapan yang dibutuhkan untuk membuat sebuah proyek macro. Ini adalah persiapan wajib, so saya sarankan untuk terus membaca..

Apa saja yang akan dibahas?
1. Memunculkan tab Developer
2. Memunculkan VB Editor
3. Agar Excel dapat menjalankan macro dan VBA
4. Setting security macro dan VBA

Oke, sekarang kita coba kupas satu-satu yah..


1. Memunculkan tab Developer

setting_vba_001

Kenapa kita harus memunculkan tab Developer (seperti pada gambar di atas)?
Karena Tab developer adalah tempat tool-tool yang berkaitan dengan macro dan VBA. Kalo tidak kita munculin, tentu kita gak bisa bikin program VBA atau macro.
Secara default, tab ini tidak muncul, karena pada dasarnya, tidak semua pengguna membutuhkannya. Lagian, gak semua pengguna adalah programmer VBA bukan?

Nah, buat yang baru aja belajar VBA, pasti bingung mencari cara memunculkan tab Developer. Jadi, ikuti langkah berikut:

Klik pada logo Excel di sudut kiri atas (untuk excel 2007, bentuknya bulat. Untuk 2010, agak beda dikit. Tapi kurang lebih sama lah.
Maka akan muncul menu-menu, dan pilih "Excel Option" pada bagian paling bawah.

setting_vba_002

Pilih menu "Popular" pada side menu. Selanjutnya checked (pilih) opsi "Show Developer tab in the ribbon"

setting_vba_003

Nah, kalo udah, maka akan muncul tab Developer. Dan jika kita pilih tab tersebut, maka akan muncul koleksi menu ataupun tool yang diperuntukkan untuk programming VBA.
setting_vba_004


2. Memunculkan VB Editor

Selanjutnya, bagaimana memunculkan VB Editor? Eits, udah tahu belum apa itu VB Editor? Kita anggap belum tahu aja yah..
Jadi, VB Editor itu adalah aplikasi untuk menuliskan baris-baris program VBA. VB Editor ini menempel pada Excel. Jadi bisa kita munculkan dari Excel.
Lalu gimana caranya?

Kalo ini gampang banget!
Pada tab Developer, pilih tool paling kiri ("Visual Basic"). Klik aja..

setting_vba_005

Dan simsalabim, maka akan muncul window aplikasi VB Editor. Disinilah kita bisa menuliskan baris program VBA kita. Gak cuma itu, disini juga kita setting proyek VBA kita, juga mencari titik-titik bermasalah dari program kita (debugging).
Bagaimana cara menggunakannya, akan kita bahas di tutorial lainnya OK..
setting_vba_006


3. Agar Excel dapat menjalankan VBA atau Macro

Macro, sering dijadikan pintu oleh para hacker dan orang-orang tak bertanggung-jawab untuk menyusupkan program jahat termasuk virus. Karena itulah, secara default, macro dibuat disable.

Di office 2007 ke atas, bahkan dibedakan antara extension Excel yang tidak memiliki macro, dengan yang dapat menjalankan macro.
.xlsm --> extension Excel agar bisa menjalankan macro
.xlsx --> tidak bisa menjalankan macro

Gak cuma itu, meski file telah kita simpan menggunakan .xlsm sekalipun, kita harus memilih opsi agar bisa menjalankan macro.
Biasanya, saat kita membuka file .xlsm, maka akan muncul pemberitahuan (security warning).
Nah, kita harus meng-klik nya dan memilih "enable macro"

KE_Biar_Tidak_Error_Saat_Running_Macro_atau_VBA_01

Pilih "enable"..

KE_Biar_Tidak_Error_Saat_Running_Macro_atau_VBA_02


4. Setting Security Macro dan VBA

Masih ingat security warning pada bagian 3 diatas kan? Ya elah, masa lupa, kan barusan dibaca.. Sebenarnya, security warning diatas, bisa kita ubah-ubah (setting).
Misal, kita setting agar excel kita tidak bisa membuka Macro sama sekali. Nah, ini untuk jenis orang-orang paranoid.
Ada juga setting yang membolehkan untuk hal-hal tertentu dan memberikan warning lebih dulu. Ini untuk mereka yang super hati-hati.
Ada juga yang gak usah pake warning. Pokoknya, hajar bleh! Nah, yang ini adalah untuk orang-orang sembrono..
Tenang, kita masih punya pilihan untuk memboleh menjalankan macro apa saja, tapi harus warning dulu. Nah, inilah yang saya rekomendasikan..

Emang gimana cara setting security nya?
Sip.. Dari excel, kita mulai dengan memilih tab Developer, trus pilih menu "Macro Security".

 KE_Biar_Tidak_Error_Saat_Running_Macro_atau_VBA_03

Pada window yang muncul, pilih "activeX setting" dan pilih opsi "Prompt me before enabling all controls with minimal restrictions"

KE_Biar_Tidak_Error_Saat_Running_Macro_atau_VBA_04

Selain itu, pada "Macro Setting", checked "Trust access to VBA project object model"

KE_Biar_Tidak_Error_Saat_Running_Macro_atau_VBA_05

Selain setting diatas, masih banyak opsi-opsi security yang bisa di setting.
Tapi dari saya, setting diatas dulu lah.. Karena kalo setting diatas gak dipilih, biasanya Macro kita jadi "ngadat"!

Oke.. Sampai disini obrolan kita tentang settingan excel untuk VBA.
Ketemu di tutorial berikutnya..

See ya..
Last update (Thursday, 22 December 2011)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar Anda menjadikan kita maju bersama. Terimakasih