Senin, 30 Januari 2012

Awalan nol pada nomor telepon hilang di Excel!?


Artikel ini menjelaskan tentang apa yang harus dilakukan saat memasukkan nomor telepon yang diawali dengan nol ke sel Excel dan awalan nol tersebut hilang.

Saya sedang membuat daftar kontak di Excel. Namun saya menjumpai masalah untuk menampilkan awalan nol pada nomor telepon. Saat memasukkan "090", maka ditampilkan "90". Mengapa demikian?


Apabila awalan nol tidak ditampilkan, nomor telepon tersebut akan salah. Bagaimana cara menampilkan awalan nol?
 
 Mari terlebih dulu saya jelaskan mengapa awalan nol tidak ditampilkan. Excel dapat menangani dua jenis angka; angka yang digunakan untuk penghitungan dan angka sebagai teks.
Em. Apa bedanya? 
 Dalam penghitungan, 090 dan 90 dianggap sama. Oleh karena itu, Excel tidak membedakan antara "090-080" dan "90-80".

Semuanya berupa angka, namun nomor telepon tidak dapat dikurangi atau ditambahkan, bukan?. Itulah mengapa kita harus menetapkan apakah suatu angka termasuk penghitungan atau teks. 
Sekarang saya paham. Awalan nol tidak ditampilkan karena Excel mengenali angka tersebut sebagai angka untuk penghitungan.  
 Benar. Yang perlu Anda lakukan adalah mengingatkan Excel bahwa angka tersebut harus dianggap sebagai teks.
Ajarkan bagaimana caranya. 
 Ada dua metode utama. Mari saya ajarkan cara yang sederhana terlebih dulu. Beri garis penghubung pada nomor telepon atau sisipkan tanda petik (‘) di awal nomor telepon. Dengan demikian, Excel mengenali angka tersebut sebagai teks.


Saya mengerti. 
 Misalnya, Anda tidak ingin memberi garis penghubung pada nomor telepon. Dan proses menambahkan tanda petik cukup memakan waktu lama untuk semua nomor telepon. Metode kedua ini cukup praktis untuk digunakan.

Pilih sel yang berisi nomor telepon kemudian klik kanan. Dari menu yang ditampilkan, klik Format Sel.


Setelah jendela Format Sel ditampilkan, klik tab Angka, pilih Teks di Kategori.
Selesai.
 
 Nomor telepon yang Anda masukkan sebelum menetapkan pengaturan dianggap sebagai angka numerik dan awalan nol dihilangkan. Oleh karena itu Anda harus menambahkan nol sesudahnya. Namun setelah menetapkan pengaturan, nomor yang Anda masukkan akan memiliki awalan nol. Disarankan Anda memformat sel sebelum mulai memasukkan nomor telepon.
Apa arti segitiga kecil berwarna hijau di sudut kiri atas suatu sel?
 
 Klik sel tersebut.

Dapatkah Anda melihat ikon galat 
 ditampilkan? Apabila mengklik ikon tersebut, akan ditampilkan galatAngka Disimpan Sebagai Teks, namun jangan khawatir. Anda dapat mengabaikan galat ini.


Namun, apabila tidak ingin galat tersebut ditampilkan. Klik Opsi Pemeriksaan Galat, hapus centang untuk opsiAngka diformat sebagai teks atau diawali dengan tanda petik. Terakhir, klik OK.
Wow! Segitiga hijau sudah hilang!


Wow! Segitiga hijau sudah hilang!
 
 Poin yang bagus. Excel menyejajarkan angka numerik di sebelah kiri dan teks di sebelah kanan. Anda dapat membedakan antara angka dan teks dengan memeriksa penyejajarannya.
Terima kasih banyak. Saya pasti tidak akan lagi menjumpai masalah saat membuat daftar kontak di masa mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda menjadikan kita maju bersama. Terimakasih